Varietas Cabai Unggulan Mulai Dikembangkan Pemuda Tani Mongkonai

KOTAMOBAGU,pondoknews.com – Konsep baru kembali disajikan sejumlah petani khusunya yang tergabung dalam Kelompok Tani (Poktan) Pemuda Tani Kelurahan Mongkonai Kecamatan Kotamobagu Barat.
Selain mengembangkan Komoditas Kopi dan Kakao sebagai tanaman unggulan, kini mereka mencoba membudidayakan tanaman Cabai yang diharapkan mampu mendorong perekonomian para petani.
Ketua Poktan Pemuda Tani Farid Potabuga mengatakan, tanaman cabai saat ini menjadi salah satu yang digemari petani karena sangat cocok dengan kondisi alam. Selain itu, permintaan pasar terhadap komoditas cabai keriting terus meningkat. Hal ini didorong banyaknya usaha kuliner atau industri makanan di Kota Kotamobagu.
“Beberapa lokasi sangat cocok, terutama yang berada di pegunungan. Dengan konsep yang modern, kami coba kembangkan budidaya tanaman cabai ini, jenis dan verietasnya berbeda-beda, ada yang jenis keriting dan yang hibrida,” ujar Farid, Rabu (30/06/2021).
Dengan lahan yang berlokasi di perkebunan Mongkonai, mereka coba membudidayakan tanaman cabai seluas kurang lebih Dua Hektare sebagai pilot projek.
“Permitaan pasar terhadap cabai dari tahun-ketahun semakin meningkat, sehingga kita coba rebut pasar itu dengan harapan mampu meningkatkan perekonomian para petani,” jelas Farid
Ia mengatakan, saat ini varietas cabai sudah dalam proses penanaman, serta didampingi oleh pemerintah dan sejumlah tenaga yang ahli yang membidangi budidaya cabai. “Alhamdulillah dukungan dari masyarakat dan Pemerintah sangat baik dan ada beberapa ahli yang membidangi tanaman ini turut memberikan saran serta siap mendampingi hingga proses panen nanti,” pungkasnya
Sementara itu, Kepala Bidang Tanaman Pangan dan Holtikultura Dinas Perikanan, Pertanian dan Peternakan (Disprtanak) Kotamobagu Ramjan Mokoginta menambahkan, saat ini pihaknya fokus memajukan sektor pertanian di Kota Kotamobagu.
“Baik Sumberdaya Alam (SDA) dan Sumber Daya Manusia (SDM) itu terus kita kembangkan. Nah, berkaitan dengan inovasi-inovasi yang diterobos oleh sejumlah pemuda tani, tentunya kami sangat mengapresiasi, ini adalah hal yang baik sebab sejalan dengan program pemerintah dalam mengembangkan sektor pertanian. Sehingga kedepan itu tidak akan lepas dari kami, dan sekiranya pasti ada bantuan pasti kami akan salurkan guna menunjang fasilitas dalam rangka mengelolah sektor pertanian tersebut,” tambah Ramjan.

Tinggalkan Balasan