oleh

Mulai 1 Januari 2022, RSUD Kotamobagu Bakal Jadi BLUD

-Kotamobagu, News-125 Dilihat

KOTAMOBAGU, pondoknews.com – Tahun 2022 nanti, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kotamobagu, akan  menjadi Badan Layanan Umum Daerah (BLUD).

Hal itu diungkapkan Kepala Bagian Umum RSUD Pobundayan Kotamobagu Tofan Simbala SFarm kepada awak media, Senin 20/12/2021). “Per 1 Januari kita sudah menjadi Badan Layanan Umum Daerah atau BLUD Insya Allah,” kata Tofan Simbala SFarm.

Tofan Simbala menambahkan, ketika sudah menjadi BLUD, maka proses pengelolaan rumah sakit akan dikelola sepenuhnya oleh manajemen rumah sakit. “Jadi Ketika sudah menjadi BLUD, maka  APBD sudah tidak lagi mengcover untuk biaya operasional rumah sakit, kecuali 3 item, yakni gaji ASN, honor Tenaga Harian Lepas atau THL, dan juga TPP dari ASN. Selain itu, untuk pembangunan fisik masih masuk dalam APBD. Tetapi selain dari itu, mulai dari seluruh biaya rutin rumah sakit, berupa obat, makan minum, dan beberapa item lain termasuk barang habis pakai, itu kita yang Kelola, sesuai pendapatan rumah sakit,” jelasnya.

Tofan mengungkapkan, untuk saat ini ada 3 Rumah Sakit Umum Daerah  yang telah menjadi Badan Layanan Umum Daerah atau BLUD di Provinsi Sulawesi Utara. Yakni di Kabupaten Minahasa, Sangihe, dan juga Kabupaten Minahasa Utara. “Insya Allah nanti kami Rumah Sakit Umum Daerah yang ada di Kotamobagu akan menjadi yang keempat untuk BLUD di Sulut,” tuturnya. (don/idr)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *