Kadis Kebudayaan Provinsi Kunjungi Replika Komalig di Desa Kopandakan I

KOTAMOBAGU,pondoknews.com – Kepala Dinas Kebudayaan Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) Patricia Mawitjere, didampingi kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Kotamobagu Anki Taurina Mokoginta mengunjungi replika rumah adat Komalig Desa Kopandakan 1,Kecamatan Kotamobagu Selatan, Kota Kotamobagu, Selasa (23/03/2021).

Kadis Kebudayaan Sulut Patricia Mawitjere usai acara kunjungan tersebut mengatakan bahwa bertujuan untuk melihat sanggar sanggar kebudayaan yang benar benar aktif karena selama ini mungkin mereka ada yang belum tersentuh  dari Dinas Kebudayaan Provinsi.

“Disini kami ingin melihat potensi potensi kebudayaan apa yang ada di mereka supaya bisa kita angkat  nanti, karena sekarang ini jika dilihat sudah tidak terlalu diminati generasi muda saat ini sudah lebih ke tren masa kini hingga akhirnya tradisi kebudayaan punah bila kita tidak turun langsung,intinnya kami ingin menggali kebudayaan apa saja dan di lestarikan,”ucapnya.

Ditempat yang sama Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Kotamobagu Anki Taurina Mokoginta juga mengatakan bahwa ini adalah kunjungan dari Dinas Kebudayaan Provinsi tujuannya tidak lain adalah untuk melihat keaktifan sanggar sanggar karena bagaimanaa pun juga inikan binaan dantanggung jawab juga untuk dinas mulai dari Provinsi hingga Kabupaaten Kota.

“Selama ini tiap sanggar kan banyak yang diintervensi dana nah apakah mereka selalu ada kegiatan menyangkut kebudayaan,”tambahnya.

Sementara itu,Sangadi desa Kopandakan 1 Muslim Tungkagi yang turut serta menyambut kunjungan ini mengatakan bahwa dengan adanya sanggar ini kami pihak pemdes cukup bangga melihat perhatian pemerintah terutama di sektor kebudayaaan begitu besar.

“Suatu kebanggaan juga menerima tamu seperti ini, ini menandakan bahwa dengan antusias yang besar dari seluruh pemerintah yang berkaitan dengan kebudayaan yang begitu tinggi membuat sanggar yang dibina tetap bisa memberikan dampak positif bagi seluruh kalangan,”tandasnya.(don)

Tinggalkan Balasan