Gio: 276 Warga Mocil Diusahakan Terima BST

pondoknews.com, KOTAMOBAGU – Kabar gembira untuk 276 warga Kelurahan Motoboi Kecil (Mocil) yang bermasalah di Nomor Induk Penduduk (NIK), hingga membuat mereka belum menerima Bantuan Sosial Tunai (BST) pada penyaluran tahap pertama, di Kantor Pos dan Aula Kantor Wali Kota Kotamobagu.Pasalanya, daftar penerima tahun 2020 sekitar 595 warga mocil yang mendapat BST dari Kementerian Sosial RI, untuk percepatan pemulihan ekonomi masyarakat. Namun, pada Januari ini hanya 319 yang mendapat bantuan tersebut, ditahap pertama. Maka, masih sekitar 276 yang belum menerima. Tapi, tidak perlu berkecil hati karena jumlah itu tetap diusahakan oleh pemerintah agar mendapat bantuan dengan porsi yang sama dengan penerima tahap awal.

“Mereka itu masalah dengan NIK antara DTKS (Daftar Terpadu Kesejahteraan Sosial) Kementerian Sosial RI dan Disdukcapil Kotamobagu, maka nama mereka tidak muncul pada daftar penerima tahap pertama,” kata Gio Vani Impe, selaku Pendamping BST  Kotamobagu Selatan (Kotsel).

Menurut Gio, pihaknya telah melakukan pemuktahiran data sejak 1 Januari lalu. “ Itu langsung ada perintah Menteri Sosial agar dilakukan pemutakhiran data penerima. Jika sudah berhasil disingkronkan NIK penerima antara DTKS kepenterian sosial dan Disdukcapil. Kemungkinan mereka yang belum menerima akan diakumulasi dua bulan sekaligus (Januari – Februari) ,” kata Gio.

Meski demikian, dari 319 warga Mocil yang masuk dalam daftar Keluarga Penerima Manfaat (KPM). Masuh sekitar 30an orang yang belum mendatangi tempat penerimaan bantuan Rp300 Ribu / orang yang telah ditentukan. (rif/idr)    

Tinggalkan Balasan