Bahas Penyaluran Bantuan Covid-19, Pemkab Boltim Gelar Rakor

BOLTIM, pondoknews.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow Timur (Boltim) melalui Dinas Sosial melakukan Rapat Koordinasi (Rakor) untuk penyaluran bantuan sosial dampak Covid-19, di Aula Bapelitbangda Boltim,  Jumat 08/10/21.

Pertemuan tersebut ditujukan untuk mengevaluasi dan membahas tentang teknis penyaluran bantuan sosial kepada masyarakat yang terdampak Covid-19.

Slamet Riyadi Umbola, Kepala Dinas Sosial mengungkapkan rakor tersebut dilakukan untuk evaluasi terhadap beberapa jenis bantuan yang telah di saluran seperti BST, BLT Di Desa, CBP beras, PKH dan BPNT.

“Jadi kami mengevaluasi kira-kira sejauh mana capaian hasil-hasil  penyalurannya ke masyarakat, apa masalah yang muncul serta kendala di lapangan dan bagaimana solusi yang telah dilakukan dalam mengatasi persoalan tersebut,” ujar Slamet.

Menurut Slamet, dengan adanya rapat koordinasi dan evaluasi terhadap program bantuan sosial pemerintah tersebut, maka harapannya seluruh program dapat terealisasi dengan baik serta sesuai dengan sasaran yang dituju.

“Diharapkan bantuan ini, tepat sasaran berdasarkan data yang tentunya sudah diverifikasi dan validasi secara terus menerus,” lanjutnya.

Menurutnya, data-data yang sudah  diverifikasi dan validasi oleh pemerintah Desa kemudian dimusyawarahkan dan dituangkan dalam berita acara setelah itu dibawa ke dinsos nanti dinsos yang akan menginput ke SIKS-NG Kemensos untuk menjadi data valid kembali.

“Dengan dasar-dasar itulah harus kita lakukan  evaluasi  secara terus menerus  karena pergerakkan sosial ekonomi masyarakat selalu bervariasi yang dulunya belum dikategorikan miskin karena mungkin kondisi dengan adanya pembatasan kegiatan sehingga berdampak pada ekonomi keluarganya dan itu berpotensi memunculkan keluarga miskin yang baru dan itu yang kita data untuk diusulkan kepada pemerintah untuk mendapatkan bantuan,” tutup Slamet.

Hadir dalam Rakor tersebut Kepala PT BNI cabang Kotamobagu, Kepala Kantor PT POS Indonesia Kotamobagu, Kepala Perum Bulog cabang Kotamobagu serta pendamping PKH Boltim dan Pendamping BPNT Boltim. (rif)

Tinggalkan Balasan